Ukhuwah Islamiyah

Taukah kalian apa itu ukhuwah islamiyah? Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan yang terbentuk oleh suatu ikatan yang mengalahkan ikatan atas dasar darah dan keturunan, yaitu ikatan hati atas dasar akidah islamiyah, keimanan dan taqwa.

Ada 4 hakikat ukhuwah islamiyah, yaitu:

  1. Ukhuwah Islamiyah merupakan nikmat yang diberikan Allah SWT. Hal ini terdapat di Q.S 3:103 "Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan ni'mat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni'mat Allah orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS. 3:103)"

  2. Ukhuwah Islamiyah dapat diumpamakan seperti tali tasbih. Hal ini terdapat di Q.S 43:67 "Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.(QS 43:67)"

  3. Ukhuwah Islamiyah sebagai arahan rabbani. Hal ini terdapat di Q.S 8:63 "Dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman) Walaupun kamu membelanjakan (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS 8:63)"

  4. Ukhuwah Islamiyah adalah cermin kekuatan iman. Hal ini terdapat di Q.S 49:10 "Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian,  dan bertakwalah kalian  kepada Allah supaya kalian  mendapatkan rahmat. (QS 49:10)"


Ada 9 hal yang dapat menguatkan Ukhuwah Islamiyah :

  1. Memberitahukan kecintaan pada yang kita cintai

  2. Memohon didoakan bila berpisah

  3. Menunjukkan kegembiraan dan senyuman bila berjumpa

  4. Berjabat tangan bila berjumpa

  5. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan

  6. Memberikan hadiah pada waktu tertentu

  7. Sering bersilaturahim

  8. Memperhatikan saudaranya dan membantu keperluannya

  9. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya


Buah dari Ukhuwah Islamiyah :

  1. Merasakan lebatnya iman

  2. Mendapat perlindungan Allah di hari kiamat

  3. Mendapatkan tempat khusus di surga. Hal ini terdapat di Q.S 15:45-48 "Sesungguhnya orang yang bertaqwa itu berada dalam syurga (tanaman-tanaman) dan didekatnya mata air mata air yang mengalir.Masuk lah kedalam dengan sejahtera lagi aman. Dan kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka sedangkan mereka merasa bersaudara duduk berhadapan hadapan di atas dipan dipan. Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali kali tidak akan dikeluarkan dari padanya.(QS 15:45-48)"

3 komentar on "Ukhuwah Islamiyah"

  1. subhanallah semoga kita slalu dalam ni'mat ukhuah islamiah

    BalasHapus
  2. Aamiin.. syukron atas kunjungannya ke blog FKPM Smansa ya :)

    BalasHapus