Wanita

Dalam Islam, kaum wanita memiliki hak-hak, tapi terkadang hal ini dilalaikan oleh kebanyakan orang. Sehingga terjadilah kezhaliman kepada kaum wanita. Tidak memberikan apa yang wajib mereka terima.

Hak wanita di dalam Islam adalah mereka wajib dijaga dan dilindungi. Mereka berhak mendapatkan pendidikan dan bimbingan yang islami. Mereka berhak diperlakukan dengan baik. Inilah hak wanita yang wajib ditunaikan oleh kaum laki-laki.

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka....”
(QS. An-Nisa' : 34)

Nabi juga menuntunkan,
"Wanita itu aurat, jika ia keluar dari rumahnya maka setan mengikutinya. Dan tidaklah ia lebih dekat kepada Allâh (ketika shalat) melainkan di dalam rumahnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Keluarnya wanita dengan mengenakan parfum semerbak. Berpakaian indah menarik perhatian. Berjalan melewati laki-laki. Sesak memadati tempat perbelanjaan. Adalah sesuatu yang tidak layak mereka lakukan.

Jika Nabi Muhammad saw, telah melarang sesuatu, maka wajib bagi kita menjauhinya. Karena petunjuk beliau adalah untuk kebaikan kita.
Sering kita lihat, campur baur laki-laki dan perempuan menimbulkan kemudharatan. Namun tidak juga kita mengambil pelajaran. Hendaknya kita menaati pesan Nabi dalam hal ini sehingga hal-hal yang buruk tidak lagi terjadi.

Wanita adalah amanah dari Allah yang wajib di jaga. Karena dia dari Allah, maka wajib kita perlakukan sesuai dengan syariat Allah pula. Kita memohon pertolongan Allah agar bisa menjaga amanah dari-Nya dan tidak melalaikannya. Dan kita juga memohon kepada Allah agar wanita-wanita muslimah diberi taufik untuk menaati perintah-perintah-Nya.

Islam sangat memuliakan wanita. Baik mereka sebagai anak-anak, istri, apalagi seorang ibu. Nabi Muhammad saw bersabda,
“Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan ini, lalu dia berbuat ihsan (kebaikan) kepada mereka, niscaya mereka akan menjadi tabir baginya dari api neraka.” (HR. Bukhari).

Inilah Islam. Tidak ada yang memperlakukan wanita sebaik apa yang telah Allah dan Rasul-Nya tuntunkan. Islam sangat memuliakan wanita.

Sumber : khotbahjumat.com/melindungi-wanita/

Tidak ada komentar on "Wanita"

Leave a Reply