SMANSA ISLAMIC FESTIVAL 2 (Tabligh Akbar)

SMANSA ISLAMIC FESTIVAL 2


 9


Root Of Life


“Menumbuhkan semangat kehidupan di era modern dengan tuntunan islam sebagai jalan menuju ridho Allah SWT”



Assalamu’alaykum Warrahmatullahi Wabarakatuh...

Tabligh Akbardepan

 

TABLIGH AKBAR, 8 Februari 2015 pun tiba. Acara puncak dari serangkaian acara SMANSA ISLAMC FESTIVAL ini berlangsung di SMAN 1 Balikpapan. Acara di mulai pada pukul 08.30

Sebelum memulai acara, seperti biasanya panitia melakukan briefing di MBI bersama pembina FKPM, Ibu Raden (MBI akhwat). Setelah itu di lanjutkan dengan berdoa bersama.

Setelah selesai, panitia menuju ke tempat di mana sudah di pasang panggung dan telah di sediakan juga kursi untuk para tamu undangan. Ternyata, kursi tersebut sudah diisi oleh penonton yang telah datang pagi, termasuk warga SMAN 1 Balikpapan. Alhamdulillah cuaca pada pagi itu cerah dan bersahabat.

Acara yang di pandu oleh Bang Yusfandi ini, di hadiri oleh Wakil Walikota Balikpapan, karena Bapak Walikota Balikpapan sedang berhalangan hadir, dan Departemen Agama. Acara di mulai dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah.

Selanjutnya acarapun di buka dengan sambutan dari Ketua Panitia SMANSA ISLAMIC FESTIVAL, Kepala Sekolah SMAN 1 Balikpapan, Departemen Agama, dan Wakil Walikota Balikpapan.

Sambutan dr KETUPAT

Sambutan dr PAK IMAM

Sambutan Departemen Agama


 

Tabligh Akbar ini juga di meriahkan oleh para bintang tamu (MEDIKHSA ,  ASSA NASYID) dan pengisi acara/tamu undangan (KOPPAJA, Nasyid dari SDIT Al-Auliya, SDIT BIS, pemenang lomba Tilawah dan pemenang Dacil).

MEDIKHSA ASSA NasyidSDIT-AL AULIYAPemenang DACIL

penampilan TILAWAH

 

Ada Bazarnya juga loh !


Bazar makanan, minuman, buku, jilbab, dll. Bazar ini untuk umum. Banyak siswa dari SMAN 1 Balikpapan yang juga berpartisipasi pada bazar ini. Satu stand bazar biasanya terdiri dari teman-teman satu kelas. Tapi ada juga yang stand nya terdiri dari beberapa di tiap kelas yang berbeda. Selain itu, stand bazar yang tersedia adalah stand bazar untuk pihak sponsor yang telah membantu acara SIF 2 ini.

Tidak sembarangan bertransaksi loh, di bazar SIF ini semua transaksinya tidak menggunakan uang, melainkan menggunakan kupon. Jadi, di pintu masuk di sediakan penukaran uang dengan kupon. Bagi siapapun yang melakukan transaksi dengan menggunakan uang, di tegur 3x. Apabila masih melakukan pelanggaran, maka standnya di diskualifikasi. Tidak hanya untuk berjualan saja, ternyata stand pada bazar ini juga di lombakan. Ada 3 pemenang untuk 3 ‘stand ter....’ jadi tak heran suasana menjadi ramai saat semua berkeliling untuk menjual apa yang ada di stand nya.

 

Pembagian Piala untuk pemenang lomba


Pada kegiatan ini juga di bagikan piala untuk pemenang lomba pada 1 Februari lalu. Mulai dari juara tingkat TK sampai juara tingkat SMA.


  • Tingkat TK




Mewarnai :    Sandra Aliyah                 (Juara I)

Ferlita                              (Juara II)

Aira Maharani               (Juara III)

Alya Aulia Ayulianti     (Harapan I)

Ainayah Sekar S.           (Harapan II)

Salma Nur Amaliah     (Harapan III)

 

Baca Puisi :   M.H Nabil                   (Juara I)

Jamilah Hapsari        (Juara II)

Asma Ghaida              (Juara III)

 


  • Tingkat SD




Dacil :           Akhdan Teddy              (Juara I)

Naaila Anita Tiara       (Juara II)

M. Thariq Ismail          (Juara III)

 

Tilawah :       Achmad Fadhil           (Juara I)

Nur Azizah Ghina       (Juara II)

M. Nour Fauzan          (Juara  III)

 


  • Tingkat SMP




Adzan :         Abdul Hamid                (Juara I)

Bayu Rahmad                (Juara II)

Haekal Ramadhani      (Juara III)

 

Kaligrafi :      Arabella Ardhana        (Juara I)

Roja Auliyyah              (Juara II)

Dhonni M. Alifin        (Juara III)

 


  • Tingkat SMA




Tahfidz :       Lulu Fathihatus S        (Juara I)

Wahyu Pratama           (Juara II)

Luluk Riskayanti         (Juara III)

 

Mading :       SMAN 5 Balikpapan  (Juara  I)

SMAN 2 Balikpapan  (Juara II)

SMAN 1 Balikpapan  (Juara III)

Pemenang MEWARNAI dan PUISI PEMENANG SMP

 

 

Ceramah dari Ustadz Tiar Anwar


Tibalah waktunya, Ustadz Tiar Anwar untuk menyampaikan ceramah. Kali ini beliau akan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah-sejarah tentang Islam.

Semua penonton, tamu undangan, panitia, dan pengisi acara di arahkan untuk menuju ke tempat yang telah di sediakan dan memberhentikan aktivitasnya saat ceramah akan di mulai, serta menyimak dan mencatat apa saja hal-hal penting yang di sampaikan oleh Ustadz Tiar Anwar.

Begitu juga dengan bazar. Semua transaksi jual beli di berhentikan sementara saat Ustadz berceramah. Setelah berceramah, di lanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa penonton tertarik untuk mengajukan pertanyaan kepada ustadz Tiar Anwar. Setelah pertanyaan terjawab semua, Ustadz Tiar Anwar memimpin do’a bersama.

UST. TIAR ANWAR penonton SIF 2

 

 

 

ISHOMA (Istirahat Sholat dan Makan) + sesi foto


Sebelum menunggu waktu Sholat dzuhur, panitia, Kepala Sekolah, Ustadz Tiar Anwar, pembina FKPM, mengadakan foto bersama. Setelah itu, di adakan sholat dzuhur berjamaah di Mushollah Baitul Ilmi.

 

LANJUT.....


Masih ada Medikhsa dan ASSA Nasyid yang tampil. Selain itu, ada juga dari adik-adik Nasyid SDIT Al-Auliya dan SDIT-BIS. Semua tampil dengan bagus dan maksimal.

Tak hanya menonton penamilan-penampilan dari seluruh pengisi acara saja, tapi pada SIF 2 ini juga ada kuis nya. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan dari MC, langsung naik ke atas panggung, dan jika benar, akan di beri hadiah. Penonton pun berebut dan berlari ke atas panggung untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Daaan, pembagian hadiah untuk ‘stand ter....’ pun tiba.

Semua penonton tertuju pada MC yang akan mengumumkan siapakah pemenang bazar. Ada 3 pemenang untuk stand ter bersih, ter kreatif dan ter tertib.


  • Stand ter bersih jatuh kepada stand kelas XI IPS 1.



  • Stand ter kreatif jatuh kepada stand yang menjual susu



  • Stand ter tertib jatuh kepada stand kelas XII IPA 4



 

Pukul 15.00 WITA.


Tepat pukul 15.00 acarapun selesai.

Di penghujung acara, Panitia menampilkan vidio singkat tentang perjalanan SMANSA ISLAMIC FESTIVAL 2 ini.

Berawal dari pembentukan kepanitiaan, Technical Meeting (TM),  sampai pada hari H Tabligh Akbar ini. Panitia beserta para penonton yang masih di tempat pun menonton vidio tersebut.

Di penghujung acara, Ketua Panitia SMANSA ISLAMIC FESTIVAL 2, Ekky Nurwenda Putra, bersama Ketua FKPM AT 13, Fathan Mujahid Satria, naik ke atas panggung untuk menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia SIS 2, pembina FKPM, Kepala Sekolah dan guru-guru SMAN 1 Balikpapan, para hadirin yang telah datang, alumni SMAN 1 Balikpapan, alumni FKPM, sponsor, dan seluruh pihak-pihak di belakang layar yang telah membantu dalam kesuksesan acara SIF 2 ini. Mulai dari kegiatan Donor Darah, Perlombaan, sampai Tabligh Akbar saat itu.

Dan penutupan acara Tabligh Akbar ini di pimpin oleh Ketua Panitia dan Ketua FKPM dengan mengumandangkan TAKBIR andalan FKPM, serta sujud syukur atas kelancaran yang telah diberikan oleh Allah SWT selama SIF 2 ini.

"ALLAHUAKBAR...


ALLAHUAKBAR...


ALLAHUAKBAR... !!!"


Semua dalam suasana senang sekaligus terharu. Acara SIF 2 ini lancar dan sukses. Dari awal sampai penutupan. Semua ini berkat izin ALLAH SWT. Alhamdulillah, walaupun sudah sore, semua panitia masih semangat. Ukhuwwah semakin terasa saat closing, Takbir, dan sujud syukur.

Tidak ada komentar on "SMANSA ISLAMIC FESTIVAL 2 (Tabligh Akbar)"

Leave a Reply